Rabu, 02 Mei 2012

3 Tips Kesehatan Bagi Anda Yang Memiliki Jam Kerja Padat.......

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Kesehatan.......(Bagian 1)
Air Putih Jalan Menuju Sehat
 
Air putih yang hanya digunakan disaat haus dan bila tidak haus maka lebih memilih minum-minuman yang berwarna yang tentu saja memiliki rasa yang enak yang tidak dimiliki oleh air putih. Padahal pakar kesehatan merekomendasikan konsumis air putih minimal dua liter sehari (delapan gelas). Gunanya tentu saja untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh, khususnya darah. Batas dua liter air sehari ini adalah batas minimal keperluan air di tubuh. Jangan dilupakan bahwa organ terpenting manusia seperti otak dan darah hampir 90 persen terdiri dari air.
Dianjurkan bagi perokok untuk meminum air putih lebih dari dua liter sehari karena berguna untuk mengurangi kadar nikotin dalam tubuh.
Apa yang terjadi apabila asupan air putih kurang dari porsi seharusnya ?.....yang pasti terjadi adalah tubuh akan menyeimbangkan kadar tersebut dengan menyerap air dari darah. Akibatnya, darah akan mengental dan peredarannya menjadi tidak lancar. Penanggung beban terberat di sini adalah ginjal. Ginjal berusaha keras menyaring racun dari darah yang mengental itu sehingga kerusakan ginjal bisa menjadi salah satu risikonya. Gejala awal dehidrasi atau kurangnya konsumsi air adalah sakit di sekitar pinggang.
Air putih selanjutnya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit dan membantu proses penurunan berat badan. Air membantu proses metabolisme dalam tubuh dengan mengubah makanan menjadi energi. Air berperan sebagai bahan bakar untuk mendorong reaksi kimia metabolisme.
Walaupun telah berolahraga secara giat dan teratur, proyek penurunan berat badan tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan air. Jika anda tidak minum cukup air, Anda tidak akan dapat membakar kalori dengan baik. Perbanyaklah mengkonsumsi air putih karena dampaknya baik bagi tubuh Anda.
 
3 Cara Agar Tubuh Terus Bergerak

 
Semakin canggihnya teknologi membuat orang zaman sekarang kian dijangkiti “penyakit kurang bergerak”. Dengan dalih kemudahan dan efisiensi, berbagai peranti yang diciptakan untuk membantu manusia tersebut juga membuat orang malas bergerak, dan akhirnya bahaya kesehatan pun mengintip.
Sebenarnya masih banyak peluang untuk membuat tubuh aktif bergerak dalam keseharian. Yang penting ialah kemauan. Jika selama Anda sudah demikian terpaku dengan hal-hal yang membuat tubuh Anda “manja”, berikut ini ada sejumlah hal yang dapat membuat Anda dapat kembali bergerak :
1.    Semangat Pagi. Setelah weker Anda 30 menit lebih awal. Segera bangkit dari tempat tidur,          kenakan pakaian olahraga, dan mulailah hari Anda dengan gerak badan. Hal itu akan membuat Anda lebih bersemangat menjalani hari yang baru.
2.     Melakukan Sendiri. Kendaraan kotor? Sekarang Anda tidak perlu pergi ke tukang cuci kendaraan. Cuci saja sendiri. Tubuh Anda akan aktif bergerak dan Anda pun menghemat sejumlah rupiah.
3.  Bermain Bersama Keluarga. Jangan biarkan anak Anda yang masih kecil terpaku di depan playstation-nya kini saatnya Anda menciptakan hubungan yang lebih akrab dengan bermain bola atau permainan-permainan luar ruangan  lainnya bersama. Bila dana mencukupi maka rencanakan akhir pekan yang menarik di puncak gunung atau tepi pantai. Bebaskan pikiran Anda dan biarkanlah tubuh bergerak atau bisa juga mengembangkan minat-minat baru, misalnya berkebun. Cobalah untuk memberi suasana baru pada rumah Anda dengan menata sejumlah tanaman.
 
3 Tips Mengatasi Nyeri Pada Pinggang

Nyeri di bagian pinggang adalah keluhan yang kerap muncul pada setiap orang dari berbagai golongan usia dan jenis kelamin. Aktivitas fisik yang berat, posisi tubuh cenderung statis (seperti duduk sepanjang hari di depan komputer), dan stres dalam pekerjaan dianggap sebagai faktor yang menjadi pemicu munculnya keluhan tersebut.
Dengan gejala seperti pinggang yang terasa sakit, kaku dan sulit untuk bergerak tentulah sangat  mengganggu. Terlebih bagi mereka yang aktif dengan kesibukan sehari-hari. Berikut beberapa langkah yang dapat dicoba untuk mengatasi nyeri pada pinggang.
1.     Melakukan olahraga secara rutin adalah langkah tepat untuk mengatasi sekaligus mencegah nyeri pinggang. Tapi satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai aktivitas ini malah membuat keluhan Anda semakin parah. Berjalan, melakukan peregangan, berenang, jogging, dan bersepeda adalah jenis olahraga sederhana yang dapat dilakukan sebelum meningkat ke bentuk olahraga lain yang lebih tinggi intensitasnya. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih bentuk olahraga yang paling baik. Setelah olahraga bisa melakukan pijatan guna relaksasi otot dapat dilakukan selama tidak ada kelainan dan keluhan tidak terlampau parah.
2.  Mandi air hangat dan mengompres bagian yang nyeri dengan air dingin dan panas. Gunakan handuk untuk membungkus es sebelum ditempelkan pada bagian yang nyeri agar kulit Anda terlindung.
3.  Istirahat dengan tidur terlentang menjadi hal berikut yang dapat dilakukan. Dengan cara ini, diharapkan bukan otot pinggang saja, tapi otot-otot yang lain pun akan rileks. Lakukan langkah ini di atas kasur yang tidak terlalu empuk, agar nyeri tidak menjadi parah. Gunakanlah papan sebagai kasur, setelah itu kompres pinggang dengan handuk panas dan pijat dengan lembut dan perlahan beberapa saat.
Bila semua tips diatas masih belum mampu mengatasi rasa nyeri....maka satu-satunya jalan adalah segeralah pergi ke dokter untuk penangan lebih lanjut.

ke-3 Saran Kesehatan di atas mudah-mudahan bermanfaat.
sepadat apapun aktifitas Anda jangan lupakan Kesehatan diri Anda
Kesehatan menurun aktifitas pun ikut terganggu













Tidak ada komentar:

Posting Komentar